Sikat Gigi Rutin Tapi Bau Mulut Gak Hilang? Ini 3 Penyebabnya!

- 26 Mei 2024, 15:00 WIB
Plak putih di lidah
Plak putih di lidah /

PORTAL BREBES - Hai, Sobat! Kamu pasti tahu betapa pentingnya menjaga kebersihan mulut dengan sikat gigi secara rutin.

Tapi, pernah gak sih, meski udah rajin sikat gigi, bau mulut tetap gak hilang? Jangan khawatir, kamu gak sendirian! Yuk, kita bahas tiga penyebab utama bau mulut yang bisa tetap membandel meski kamu udah rajin sikat gigi.

Simak, ya!

  1. Plak dan Sisa Makanan di Lidah

Banyak orang lupa kalau membersihkan lidah itu sama pentingnya dengan menyikat gigi. Plak dan sisa makanan bisa menumpuk di lidah, terutama di bagian belakang, dan menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut.

Kenapa Ini Terjadi? Lidah memiliki permukaan yang kasar dan bisa menjebak partikel makanan serta bakteri. Saat bakteri ini memecah protein, mereka menghasilkan senyawa sulfur yang menyebabkan bau tidak sedap.

Baca Juga: Sering Merasa Sepi Saat Liburan? Ini 5 Cara Menghibur Diri di Akhir Pekan

  1. Masalah Gusi dan Gigi Berlubang

Kesehatan gusi yang buruk dan gigi berlubang juga bisa jadi sumber bau mulut. Infeksi gusi atau periodontitis dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, meski kamu rajin menyikat gigi.

Kenapa Ini Terjadi? Gusi yang meradang dan gigi yang berlubang menyediakan tempat bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri ini kemudian menghasilkan zat-zat yang menyebabkan bau mulut. Selain itu, infeksi dan peradangan bisa mengeluarkan cairan yang berbau tidak sedap.

  1. Kekeringan Mulut (Xerostomia)

Air liur berperan penting dalam menjaga kebersihan mulut. Jika mulutmu kering, bakteri bisa berkembang biak lebih cepat, karena air liur yang seharusnya membantu membersihkan mulut dan mengurangi bakteri tidak cukup.

Halaman:

Editor: DR Yogatama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah