Terpaksa Jemur Baju di Dalam Rumah? Hindari Bau Apek dengan Tips Ini!

- 26 Mei 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi mesin cuci hemat energi, ada dari polytron
Ilustrasi mesin cuci hemat energi, ada dari polytron /Unsplash/PlanetCare

PORTAL BREBES - Hai, Sobat! Pernah gak sih, kamu harus jemur baju di dalam rumah karena cuaca gak mendukung? Hujan terus-terusan atau tinggal di apartemen tanpa balkon bisa bikin kamu kesulitan menjemur baju di luar.

Tapi jangan khawatir, jemur baju di dalam rumah gak berarti baju jadi bau apek! Yuk, simak tips-tips berikut ini untuk menghindari bau apek dan tetap punya baju yang harum.

  1. Gunakan Mesin Pengering atau Spin Drying

Jika kamu punya mesin cuci dengan fitur pengering atau spin drying, manfaatkan fitur ini untuk mengurangi kadar air dalam baju sebelum dijemur.

Baju yang setengah kering akan lebih cepat kering dan mengurangi risiko bau apek. Pastikan juga mesin cuci dan pengeringmu dalam kondisi bersih dan bebas dari sisa deterjen atau kotoran.

  1. Jangan Biarkan Baju Menumpuk dalam Mesin Cuci

Setelah mencuci, segera keluarkan baju dari mesin cuci. Menumpuk baju dalam mesin cuci yang basah bisa membuatnya berbau tidak sedap. Segera jemur baju begitu selesai dicuci untuk menghindari bakteri yang bisa menyebabkan bau apek.

  1. Gunakan Pewangi dan Pelembut Pakaian

Gunakan pewangi dan pelembut pakaian saat mencuci. Pewangi pakaian bisa memberikan aroma segar yang tahan lama, bahkan saat baju dijemur di dalam rumah. Pilih produk yang berkualitas dan sesuai dengan preferensimu. Beberapa pewangi pakaian juga memiliki kandungan anti-bakteri yang bisa membantu mencegah bau apek.

Baca Juga: Gak Perlu Gym! 5 Rahasia Meningkatkan Stamina Tanpa Keluar Rumah

  1. Pastikan Ventilasi yang Baik

Pastikan ruangan tempat menjemur baju memiliki ventilasi yang baik. Udara yang mengalir dengan baik akan membantu proses pengeringan lebih cepat. Buka jendela atau gunakan kipas angin untuk meningkatkan sirkulasi udara. Jika kamu punya dehumidifier, alat ini juga bisa sangat membantu mengurangi kelembapan udara di dalam ruangan.

  1. Gunakan Hanger atau Jemuran yang Sesuai

Gunakan hanger atau jemuran yang memungkinkan udara mengalir bebas di sekitar baju. Hindari menjemur baju terlalu rapat atau menumpuk. Jemur baju satu per satu dengan jarak yang cukup agar udara bisa bersirkulasi dengan baik. Hanger juga membantu menjaga bentuk baju dan mengurangi kerutan.

Halaman:

Editor: DR Yogatama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah