4 Wisata Religi di Brebes, Pas Buat Ngabuburit dan Berburu Kuliner Bulan Ramadhan

- 28 Maret 2023, 14:36 WIB
Masjid agung Baiturrahim Bumiayu Brebes
Masjid agung Baiturrahim Bumiayu Brebes /Instagram @instabumiayu / Portal Brebes /

PORTAL BREBES – Pada Bulan Ramadhan, ngabuburit menjadi tradisi warga menanti waktu berbuka puasa.  Biasanya warga memanfaatkan suasana religi pada momen seperti ini.

Wisata religi seperti ini sekaligus bisa dijadikan ajang untuk mencari pahala atau sesuatu yang bermanfaat.

Berikut 4 rekomendasi tempat wisata religi di Brebes sekaligus cocok untuk ngabuburit

Baca Juga: 9 Rekomendasi Wisata Religi di Indonesia, yang Cocok untuk Dikunjungi di Saat Bulan Puasa Ramadhan

  1. Masjid Agung Brebes

Masjid Agung Brebes merupakan masjid tertua di Kabupaten Brebes. Menurut catatan sejarah, masjid ini mulai didirikan pada Tahun 1836 di masa pemerintahan Kyai Sura yang pada waktu itu berstatus sebagai Bupati Kabupaten Brebes.

Saat pertama kali didirikan, Masjid Agung Brebes dibangun dengan menggunakan gaya arsitektur khas Jawa Kuno. Ciri paling menonjol ada di bagian kubahnya yang tidak berbentuk bundar melainkan berbentuk limas segi empat.

Belakangan, setelah mengalami pemugaran beberapa kali, masjid ini tidak lagi mengusung konsep arsitektur khas Jawa. Walaupun begitu, bentuknya tergolong cukup unik dan agak berbeda dengan kebanyakan masjid lainnya.

Jika kebanyakan bangunan masjid lainnya hanya dilengkapi dengan satu kubah dan dua menara, masjid ini justru sebaliknya, yaitu dilengkapi dengan dua kubah dan satu menara.

Lokasi Masjid Agung Brebes ada di pusat keramaian Kota Brebes, tepatnya di sebelah bagian barat Alun – Alun Kota Brebes.

Halaman:

Editor: DR Yogatama

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x