1.508.339 Pemilih di Brebes Mulai di Coklit oleh Petugas Pantarlih

- 12 Februari 2023, 21:16 WIB
Ketua KPU Kabupaten Brebes M. Riza Pahlevi melakukan monitor kegiatan Coklit serentak oleh petugas Pantarlih.
Ketua KPU Kabupaten Brebes M. Riza Pahlevi melakukan monitor kegiatan Coklit serentak oleh petugas Pantarlih. /

PORTAL BREBES - Komisi Pemilihan Umum mulai melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) secara serentak, termasuk KPU Kabupaten Brebes, Minggu (12/2/2023). Coklit dilakukan oleh petugas Pantarlih yang sudah dilantik dan dibintek oleh KPU.

Sebelum coklit, petugas Pantarlih di masing-masing desa mengikuti apel kesiapan coklit serentak. Mereka bertugas melakukan coklit mulai 12 Februari hingga 14 April 2023.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Brebes, Hari Ini Minggu 12 Februari 2023

Ketua KPU Kabupaten Brebes M Riza Pahlevi mengatakan, coklit serentak ini dilakukan untuk memastikan semua warga negara yang memenuhi syarat untuk didaftarkan sebagai pemilih pada Pemilu tahun 2024.

Calon pemilih ini berasal DP4 Kemendagri yang disandingkan dengan DPT Pemilu terakhir.

Menurut Reza, berdasarkan data tersebut, total ada 1.508.339 pemilih yang akan dicoklit. "Hari ini ada 6.289 petugas Pantarlih yang tersebar di 297 desa dan kelurahan di Kabupaten Brebes yang melakukan coklit serentak," katanya usai melakukan monitoring coklit di beberapa desa.

Baca Juga: Ruas Jalan Pejagan Kembali Diperbaiki, Aspal Sempat Mengelupas Akibat Genangan Air

Petugas Pantarlih ini melakukan tugasnya di TPS masing-masing, di mana satu TPS maksimal terdiri dari 300 pemilih. Total ada 6.289 TPS yang telah ditetapkan KPU Kabupaten Brebes.

"Dari coklit ini nanti akan dijadikan daftar pemilih sementara (DPS) sebelum nanti menjadi DPT, " kata Reza.

Pada coklit serentak ini, lanjut Reza, masyarakat diminta proaktif, dengan menyiapkan kartu keluarga (KK) dan KTP. Data tersebut akan dicocokkan dengan daftar calon pemilih yang telah dibuat KPU.

Halaman:

Editor: Dewi Prima Mayasari

Sumber: KPU Brebes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x