Mudik Aman dan Nyaman Bersama Hewan Peliharaan, Siapkan 3 Hal Ini!

- 3 April 2024, 19:35 WIB
Ilustrasi hewan peliharaan/ Cara menjaga kesehatan mental Hewan
Ilustrasi hewan peliharaan/ Cara menjaga kesehatan mental Hewan /Pixabay/huoadg5888//

PORTAL BREBES - Mudik adalah momen yang dinantikan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari keluarga. Namun, bagi para pet lovers, mudik juga berarti memikirkan cara terbaik untuk membawa serta si bulu-bulu kesayangan.

Mau nggak mau, kita harus ekstra siap biar perjalanan jadi aman dan nyaman, baik buat kita maupun hewan peliharaan kita. Nah, biar petualangan mudik kamu bersama si manis empat kaki (atau mungkin berbulu, bersisik, dan lain-lain) bisa lancar.

Yuk simak tiga hal penting yang harus kamu siapkan!

  1. Check-Up ke Dokter Hewan

Pertama dan paling penting, pastikan kondisi kesehatan hewan peliharaanmu dalam keadaan prima sebelum berangkat. Mampir ke dokter hewan untuk check-up rutin bisa jadi langkah awal yang baik.

Dokter bisa memberikan vaksinasi yang mungkin dibutuhkan, obat anti mabuk perjalanan, atau sekadar tips kesehatan selama di perjalanan. Plus, kamu juga bisa minta surat kesehatan yang biasanya dibutuhkan jika kamu menggunakan transportasi umum atau menginap di penginapan yang memperbolehkan hewan peliharaan.

Baca Juga: Shopee Big Ramadan Sale, Buttonscarves Beauty Sediakan Berbagai Produk Kecantikan Penunjang Penampilan

  1. Kenyamanan di Perjalanan

Poin kedua ini nggak kalah pentingnya, yaitu memastikan kenyamanan si peliharaan selama di perjalanan. Pertimbangkan untuk menggunakan carrier atau tas khusus yang nyaman dan aman buat mereka.

Jangan lupa selimut atau mainan favorit mereka untuk membantu mereka merasa lebih tenang. Buat kamu yang bepergian dengan mobil, pastikan ada cukup ruang dan ventilasi udara yang baik. Dan ingat, jangan pernah meninggalkan hewan peliharaan sendirian dalam mobil, terutama saat cuaca panas!

  1. Persiapan Logistik

Terakhir, tapi nggak kalah penting, adalah persiapan logistik. Pastikan kamu membawa cukup makanan, air minum, serta alat makan dan minum yang biasa digunakan hewan peliharaanmu. Jangan lupa juga bawa obat-obatan dasar dan kotak P3K khusus buat mereka.

Halaman:

Editor: DR Yogatama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah