Mitos atau Fakta Kacang Sebabkan Timbulnya Jerawat? Yuk Simak Ulasannya!

- 16 Januari 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi Terkait jerawat
Ilustrasi Terkait jerawat /Pixabay///

PORTAL BREBES - Eh jangan makan kacang, nanti jerawatan lho. Pasti Anda sering mendengar bahwa kacang adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat. Namun, benarkah kacang tanah sebabkan jerawat?

Melansir dari kominfo.go.id, sebenarnya setelah dilakukan penelusuran sebuah riset dari American Academy of Dermatology menyatakan bahwa kacang dapat menyebabkan jerawat hanyalah mitos dan hal tersebut tidak benar.

Kacang memang mengandung lemak, namun lemak tersebut tidak membuat penumpukan di pori-pori sehingga dapat menimbulkan jerawat. Justru jika kamu mengonsumsi gula berlebih dapat menimbulkan jerawat, karena dapat memproduksi minyak berlebih.

Baca Juga: Simak Baik-Baik! Segudang Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Penyebab jerawat sebenarnya bukan konsumsi kacang, melainkan karena adanya alergi terhadap kacang. Jika kamu ingin mengetahui apakah terdapat alergi terhadap kacang atau tidak, kamu dapat mengonsumsi kacang sekitar beberapa hari lalu lihat apakah wajah kamu muncul jerawat atau tidak, jika tidak artinya kamu tidak memiliki alergi terhadap kacang.

Kacang justru memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. Beberapa ahli menemukan kacang mengandung omega-3. Di mana asam lemak omega-3 memiliki sifat anti-radang dan mampu melawan inflamasi di tubuh, mencegah kulit kering dan membuat kulit tampak awet muda.

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete juga mengandung asam oksalat yang baik untuk merawat kulit dan mencegah jerawat. Selain itu, kacang kedelai pun terdapat asam lemak omega-3.

Baca Juga: Resep Bubur Kacang Hijau Pakai Metode 5-30-7, Perpaduan Nikmat Disajikan Hangat

Selain itu, kacang juga mengandung vitamin dan mineral yang membantu kulit melawan peradangan kulit, seperti vitamin A, B3, B6, C, dan E yang bagus untuk melembapkan kulit. Kromium dan selenium di kacang juga berguna dalam memerangi masalah jerawat.

Jadi, perlu diingat kalau kacang bukanlah penyebab utama timbulnya jerawat. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk melihat nilai gizi kacang terhadap jerawat atau justru menjadi penyebab dari masalah ini.

Halaman:

Editor: DR Yogatama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah