Kolesterol Tinggi? Ini Dia Rahasia Diet Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

- 23 April 2024, 15:30 WIB
 Inilah Menu Diet Sehat yang Bikin Turun Berat Badan, Direkomendasi oleh Dokter Gizi/Pexels/Vanessa Loring
Inilah Menu Diet Sehat yang Bikin Turun Berat Badan, Direkomendasi oleh Dokter Gizi/Pexels/Vanessa Loring /

PORTAL BREBES - Apakah kamu baru saja mendapat kabar bahwa kadar kolesterolmu tinggi? Tenang, kamu tidak sendirian.

Banyak orang menghadapi masalah yang sama, tapi kabar baiknya adalah kamu bisa mengelola dan bahkan menurunkan kadar kolesterol dengan perubahan diet yang tepat.

Yuk, simak rahasia diet sehat yang bisa membantu kamu menurunkan kadar kolesterol!

  1. Pilih Lemak yang Sehat

Lemak jenuh dan trans adalah dua jenis lemak yang harus kamu batasi karena dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol 'jahat'). Gantilah dengan lemak tak jenuh yang baik yang ditemukan di alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan seperti salmon dan makarel yang kaya akan omega-3. Lemak tak jenuh ini membantu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol 'baik') dan mengurangi inflamasi.

  1. Tingkatkan Asupan Serat

Serat larut yang ditemukan dalam makanan seperti oat, kacang-kacangan, apel, pir, dan sayuran berdaun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Serat ini bekerja dengan mengikat kolesterol di dalam usus, sehingga mencegahnya diserap ke dalam aliran darah. Targetkan untuk mengonsumsi setidaknya 25-30 gram serat setiap hari.

  1. Sertakan Stanol dan Sterol Nabati

Stanol dan sterol adalah zat yang ditemukan dalam tanaman yang bisa membantu mencegah tubuh menyerap kolesterol. Banyak produk yang sekarang diperkaya dengan sterol dan stanol, seperti margarin, jus, dan yogurt. Mengonsumsi 2 gram sterol atau stanol per hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sekitar 10%.

Baca Juga: 5 Inspirasi Olahan Kentang yang Lezat dan Sehat untuk Diet Seimbang dan Menyenangkan

  1. Kurangi Kolesterol dalam Diet

Walaupun sebagian besar kolesterol dalam darah diproduksi oleh tubuh sendiri, asupan kolesterol dari makanan juga berpengaruh. Kurangi konsumsi makanan yang tinggi kolesterol, seperti daging merah berlemak dan produk susu penuh lemak. Gantikan dengan protein tanpa lemak, seperti ayam tanpa kulit dan produk susu rendah lemak.

Halaman:

Editor: DR Yogatama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah