4.340 Dosis Vaksin COVID-19 di Sumsel Terbuang, Ini Penyebabnya

- 18 Desember 2021, 16:34 WIB
4.340 Dosis Vaksin COVID-19 di Sumsel Terbuang, Ini Penyebabnya
4.340 Dosis Vaksin COVID-19 di Sumsel Terbuang, Ini Penyebabnya /Riezko Bima Elko P/Antara/Riezko Bima Elko P

PortalBrebes.com  - Ribuan dosis vaksin Covid-19 di Sematera Selatan terbuang. Dosis yang terbuang sebanyak 4.340 yang mencakup dua jenis, yakni Moderma dan Pfizer

Informasi tersebut telah dikonfirmasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Lesty Nurainy membenarkan dan merinci.

Lesty menjelaskan bahwa dosis vaksin COVID-19 yang terbuang, masing-masing sebanyak 1.064 dosis vaksin Moderna dan 3.276 dosis vaksin Pfizer.

Ketika ditanya alasan atau penyebab dari jumlah vaksin yang terbuang, Lesty menjelaskan karena sudah tidak bisa digunakan.

“Dibuang karena tidak bisa digunakan lagi atau rusak,” kata Lesty dikutip dari ANTARA, Sabtu 18 Desember 2021.

Lebih lanjut, kerusakan dosis vaksin Covid-19 tersebut bukan karena sudah kadal luarsa atau pun rusak kandungannya, melainkan rusak karena vaksin tersebut sudah dibuka oleh petugas kesehatan, namun tidak segera disuntikkan.

Hal tersebut sering terjadi, misal dalam sebuah skema vaksinasi diagendakan ada 10 orang peserta maka petugas kesehatan akan menyiapkan 10 dosis vaksin sesuai kebutuhan tersebut.

Tapi dari 10 orang peserta program vaksinasi itu hanya delapan orang yang memenuhi jadwal yang diagendakan. Maka karena itu dua dosis yang tersisa tadi menjadi rusak dan terbuang karena sudah dibuka dari segel pervialnya.

“Persertanya kebanyakan adalah lansia yang kerap tidak mencapai target yang direncanakan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan jumlah dosis vaksin yang terbuang itu merupakan akumulasi dari tujuh Kabupaten/Kota untuk vaksin Moderna dan empat untuk vaksin Pfizer.

Halaman:

Editor: Kumarudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x