Ternyata Tiga Komoditas Ini yang Terindikasi Sebagai Penyumbang Terbesar Inflasi di Tegal Paska Lebaran

- 22 April 2024, 15:55 WIB
Pj Walikota Tegal Dadang Somantri didampingi Sekda Kota  Tegal Agus Dwi S saat mengikuti rakor secara daring dengan Kementrian Dalam Negeri,  Senin (22/4/2024) siang.
Pj Walikota Tegal Dadang Somantri didampingi Sekda Kota Tegal Agus Dwi S saat mengikuti rakor secara daring dengan Kementrian Dalam Negeri, Senin (22/4/2024) siang. /

PORTAL BREBES- Tingkat inflasi paska Ramadan dan Idul Fitri 2024 menjadi perhatian serius sejumlah pemerintah daerah tak terkecuali Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal.

Ada tiga komoditas yang berpotensi besar mendongkrak tingkat inflasi paska lebaran di sejumlah daerah, termasuk di Kota Tegal.

Hal itu terkuak dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang diselenggarakan Kementrian Dalam Negeri RI secara daring melalui zoom meeting, Senin 22 April 2024.

Baca Juga: Introvert dan Jomblo? Yuk, Ikuti 5 Tips Ini untuk Mendapatkan Pasangan!

Ketiga komoditas itu antara lain, daging sapi, bawang dan daging ayam ras. Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Badan pusat Statistik Nasional, Amalia Andininggar Widyasanti.

"Ada 3 komoditas pangan yang paling banyak menyumbang inflasi di banyak daerah yaitu, bawang merah, daging ayam ras dan daging sapi," ujarnya.

Selain tiga komoditas tersebut, Ia juga menjelaskan ada beberapa komoditas yang harganya mulai turun seperti beras dan minyak.

Baca Juga: Inilah Daftar Kode Redeem Genshin Impact Gratis Hari Ini Senin 22 April 2024, Tebus Primogems dan Mora

Di sisi lain ada beberapa komoditas yang mulai naik tapi belum signifikan seperti harga bawang putih, guka pasir, minyak goreng dan selebihnya komoditas yang harganya cenderung stabil.

"Komoditas penyumbang andil terbesar kenaikan IPH untuk sebagian besar wilayah Jawa didominasi oleh daging ayam ras, bawang merah dan daging sapi," jelasnya.

Halaman:

Editor: Dewi Prima Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah