Menanggapi Demo Warga dan Mahasiswa Persoalan Sampah TPA Mrican, Bupati Ponorogo Bangun IPAL dan Talud

- 23 Maret 2023, 20:28 WIB
Bupati Ponorogo dan para demonstran datangi wilayah TPA mrican
Bupati Ponorogo dan para demonstran datangi wilayah TPA mrican /ponorogo.go.id/

PORTAL BREBES - Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko sedari awal menyadari sampah yang menggunung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mrican akan menjadi persoalan pelik. Karena itu, program Rp 10 juta per rukun tetangga (RT) juga mencakup penanganan sampah rumah tangga.

"Sadar sejak awal, saya ingin mengurangi beban sampah dari hulu. Dana 10 juta pertahun untuk setiap RT itu, yang satu juta untuk penanganan sampah. Beban sampah di TPA memang luar biasa serius dan penting," kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Menurut dia, sampah yang menggunung di TPA Mrican adalah akumulasi dari penumpukan beberapa tahun lamanya. Sudah menjadi tugas pemimpin Ponorogo periode ini untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah lama dibiarkan tersebut.

Baca Juga: Bupati Ponorogo Hadiri Undangan Jaga Tradisi Sedekah Bumi Warga Karanglo Lor

Pihaknya sudah menyiapkan dana senilai Rp 3 miliar untuk mengurai persoalan gunungan sampah di TPA Mrican dengan melibatkan pihak swasta.

"PT (perseroan terbatas) yang mengerjakan harus mulai membangun IPAL (instalasi pengolahan air limbah) dan talud awal April ini supaya tidak merembes ke sawah," jelasnya.

Pihaknya memilih metode refuse derived fuel (RDF) ketimbang memindahkan TPA ke lokasi lain. RDF adalah mengolah sampah menjadi bahan bakar setelah mencacah dan mengeringkannya. Memindahkan TPA ke tempat lain akan menimbulkan permasalahan yang sama.

Baca Juga: Kemenag Tetapkan 1 Ramadan 1444 H Jatuh pada Kamis 23 Maret 2023

"Dimanapun lokasinya, problem sampah tidak teratasi kalau tidak diolah," Jelasnya.

Sebelumnya, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Mrican menggelar aksi unjuk rasa di halaman Kantor DPRD dan Kantor Pemkab Ponorogo yang menuntut penyelesaian masalah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mrican Kecamatan Jenangan.

Halaman:

Editor: DR Yogatama


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x